Sleman, 26 September 2020, para pejabat struktural dan duta Layanan Lembaga Pemasyarakatan(Lapas) Kelas IIB Sleman menerima pencerahan tentang Public Speaking, Grooming, Greeting dan Handling Complain, dari Marketing Communication Manager Kapulaga Wedding Planner&Organizer, Yustina.
Acara dibuka pukul 09.00 WIB oleh Koordinator Duta Layanan Lapas Sleman, M.Syukron Anshori. Syukron mengingatkan kepada seluruh petugas yang hadir di aula untuk menyerap ilmu semaksimal mungkin, sebagai bagian dari jiwa Corporate University yang sejatinya hidup dalam jiwa Aparatur Sipil Negara(ASN) Lapas Sleman.
Ditempat yang sama, Yustina menyampaikan sebagai duta layanan yang berada di garda depan sistem pelayanan, agar memperhatikan penampilan untuk selalu bersih dan rapi(Grooming). Yustina juga memaparkan kendala-kendala yang dihadapi seorang pelayan publik seperti Grogi, The fear of rejection, malu, tidak siap dan kendala teknis. Yustin memberikan tips untuk mengatasi kendala tersebut diatas.
Pada sesi akhir tentang role play yang penuh senyum, Yustina memberikan saran pada duta layanan untuk memperhatikan eye contact serta bahasa tubuh yang membuat pihak penerima layanan merasa istimewa. Walau perasaan berkecamuk sekalipun, petugas pelayanan wajib memberikan jalan keluar dengan kepala dingin. "Pasti stress ya kalau ditunjuk-tunjuk, di maki-maki, itulah nilai juang kita sebagai petugas pelayanan, ati spontan mangkel diperlakukan begitu, namun senyum wajib dimunculkan. Itulah the power of customer service", ujar Yustina menyemangati seluruh duta layanan Lapas Sleman.
Kontributor: Niken